Wisata ke Pantai Sawarna – Info Rute dan Penginapan (Part 1)

Kalau weekend ada yang mengajak main ke pantai, kira-kira yang pertama kali muncul pantai yang mana coba? Bali? Anyer ? Atau coba hunting pantai baru yang belum banyak pengunjungnya seperti Pantai SAWARNA?

Selama ini teman-teman selalu info “Sawarna” bagus. Tapi rumor-rumor menuju ke sana selalu bikin rencana batal. Ada yang info jalannya rusak, tempatnya terlalu jauh, suasana jalannya seram dan lain sebagainya sampai akhirnya dibuktikan sendiri. Ternyata sampai sana bagus banget tempatnya.

LETAK LOKASI

Sebenarnya Pantai Sawarna itu letaknya dimana sih? Cukup dekat dari Jakarta, hanya menempuh perjalanan sekitar 5 – 6 jam. Pantainya masih termasuk Pantai Selatan. Melewati arah Pelabuhan Ratu apabila menempuh perjalanan dari Sukabumi.

Sebenarnya jalur menuju Sawarna terbagi menjadi dua :

  • pertama melewati tol Banten dan Serang
  • kedua melewati Sukabumi dan mengarah ke Pelabuhan Ratu.

Nah, karena gue belum pernah ke sana dan berpatokan lagi pada google maps maka kali ini untuk perjalanan menuju ke sana diarahkan untuk lewat Sukabumi ke arah Pelabuhan Ratu.

Yang amat sangat perlu diperhatikan sebelum pergi adalah :

  • Cek kendaraan agar kondisi mulus karena jalanan berkelok kelok dan melewati pegunungan alias menanjak
    Kalau berangkat harus ramai-ramai, karena kalau sendirian sama aja kek bunuh diri, sudah sepi dan capai tidak ada temannya.
  • Isi bensin sampai penuh karena ada area yang banyak kebun sawit aja selama beberapa waktu, rute perjalanannya naik turun gunung
  • Snack dan kopi jangan lupa untuk menghindari ngantuk dan kelaperan selama perjalanan

Setelah jalan cukup lama, akhirnya sampai juga di Pelabuhan Ratu, ada biaya retribusi sebesar 20 Ribu rupiah untuk satu buah mobil pas sampai di tempat wisata ini. Nah sampai di Pelabuhan Ratu ternyata belum langsung sampai Sawarna karena dari sana harus menyisir pantai lagi hingga 2 jam lamanya. Tapi sepanjang perjalanan bisa melihat pemandangan yang sayang banget kalau dilewatkan.

Jalan terus sampai ketemu spot bagus dengan pemandangan di atas dan memutuskan untuk berhenti sebentar di warung kecil di pinggir jalan. Duduk – duduk menikmati pemandangan dan tidaklah lupa untuk pesan Indomie dan es kelapa. Segarnya pakai banget pokoknya dan pegal-pegal langsung hilang.

Lanjut perjalanan, pokoknya lurus terus dari Pelabuhan Ratu akhirnya sampailah di tempat yang di tuju yaitu pantai karang putih, atau pantai yang terkenal di sawarna. Sampai sini dikarenakan ramai banget dan banyak parkir liar jadi kita putuskan untuk berhenti di minimarket dulu dan untungnya temen-temen ada yang sok kenal sama tukang parkirnya ( Kang Ganda namanya ) menanyakan penginapan jadi kami diantar berkeliling untuk cari penginapan. Dan sepertinya dia tau tipe gue bukan yang kemping di alam terbuka bersama nyamuk – nyamuk jadi langsung di rekomen penginapan yang dekat pantai sawarna dan tempatnya bagus banget. And this is it, Let’s the journey begin di Pantai Sawarna….

PENGINAPAN di SAWARNA

Penginapan kita di Pantai Sawarna kali ini yaitu Vila Sinar Matahari Resort. Tempatnya bagus banget, dekat dengan pantai dan juga sebelahnya sawah-sawah.. Dapat AC, TV dan juga Air minum Dispenser. Untuk Harga bisa langsung kontak ke nomor terlampir ya.. Dibanding penginapan di Jakarta harga nya termasuk murah loh!!

Ada beberapa hal yang paling ngeselin dari sawarna dan harus di perhatikan sebelumnya:

  • Ga ada yang namanya ATM (Jadi kudu siapin duit Cash). Kalau kepepet bisa tarik tunai di minimarket atau penduduk sekitar tapi ini ribet banget
  • Ada beberapa lokasi wisata di Pantai Sawarna ini dan jalan kaki akan sedikit gempor jadi cara paling cepat adalah sewa ojek lokal 100 ribu dan mereka tau tempat-tempat bagus di sekitar Pantai Sawarna
  • Kudu bawa minum air putih (yah mau murah kudu di minimarket) kalo yang di warung-warung sih juga ada tapi selisih nya lumayan 2 ribu an. Di vila juga sudah di siapkan tapi galon
  • Masuk dari pintu depan ke dalam hingga di perumahan warga harus jalan kaki 800 m atau kalo mau naik ojek mungkin 10 ribuan, tapi kali ini gue agak2 ekslusif jadi gue di antar jemput dari luar pantai sampai masuk ke dalam pantai.
  • Penginapan selain Vila bagi yang low budget ada yang menginap di bilk-bilik warung benar-benar di pinggir pantainya
  • Makanan seadanya dan kalo mau makan di warung kudu di check harga nya (biar aja keliatan bego tapi yang penting kalian tau harganya) karena gue sempet makan bakso dua mangkok 75 ribu dan harga nya menurut gue ga wajar banget.

Sarapan dipagi hari adalah Nasi Kuning dari warung sekitar penginapan.

Owh yah buat kamu yang pengen ke Sawarna bisa kontak Kang Ganda dia akan seneng banget bantu kalian berikut nomer nya: 0812 93511188 bilang aja kalian nemu di website ini. 😀

Untuk Tempat Wisata yang harus di kunjungi di Sawarna beserta Mapnya lanjut ke Part 2 ya https://theotherlullaby.com/wisata-ke-pantai-sawarna-info-tempat-wisata-part-ii/

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply