Jalan-jalan ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan Tanpa Tour

Jalan-jalan ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan Tanpa Tour. Mau tau bagaimana cara dan tipsnya untuk jalan-jalan ke Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dari BALI tanpa Tour? Kita akan share tips and tricknya!!

Destinasi long weekend kemarin dari tanggal 29 Mei – 3 Juni 2018 adalah BALI. Yeayyy!!!! Tidak pernah bosan dengan Pulau yang satu ini. Biasanya kalau liburan di Bali yang di hunting adalah makanan tapi berhubung timbangan sudah tidak bersahabat maka kali ini mulai cari-cari kegiatan lain selain kuliner.

Pas browsing-browsing banyak artikel yang mengarah ke tiga pulau lain di luar Bali yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Sebenarnya kalau pernah mengikuti CRUISE seperti BOUNTY CRUISE, QUICK SILVER pasti pernah mampir sebentar ke Nusa Lembongan ini, tetapi ternyata beda banget loh pengalamannya kalau kita benar-benar explore di sana.

Beberapa hal yang perlu di ketahui dari ketiga pulau tersebut adalah :

  • Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan adalah dua pulau yang berbeda hanya saja karena jaraknya dekat sekarang ini di bangunlah jembatan penghubung antara dua pulau tersebut, namanya Yellow Bridge
  • Nusa Penida cukup jauh dari Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan sehingga harus naik perahu lagi apabila penginapan kita terletak di Nusa Lembongan atau Nusa Ceningan. Tempat penyebrangan untuk naik perahu ke Nusa Penida berada di sekitar Yellow Bridge, biaya untuk orang lokal 100.000 PP
  • Untuk penginapan saya pilih tinggal NUSA LEMBONGAN. Kenapa? Karena harga lebih murah dan juga penginapan di sini lebih bagus-bagus ( menurut saya ).

PENYEBRANGAN dari BALI ke NUSA PENIDA atau NUSA LEMBONGAN –> ROCKY FAST BOAT

Kemarin menggunakan Rocky Fast Boat dengan biaya IDR 500.000 PP dari Pantai SANUR. dari Bandara di jemput oleh supir mereka dan langsung di bawa ke kantor mereka di jalan sanur ( dekat dengan restaurant Mak Beng ). Langsung check in di sana dan di bawa ke arah pantai dengan mobil mereka lagi untuk menunggu jam keberangkatan. Saat itu jam keberangkatan paling pagi jam 10.00.

Untuk biaya Rocky Fast Boat ini kalau dibandingkan dengan yang lain mungkin lebih mahal tetapi mereka bisa antar jemput dari Bandara dan juga saat balik diantar ke hotel selanjutnya. Solusi yang baik bagi yang tidak mau report seperti saya. Selain bandara mereka juga bisa pick up dari daerah Kuta, Legian, Seminyak dan Nusa Dua.

Harga Tiket Update Juni 2018 :

Dewasa: Rp 300.000/sekali jalan & Rp 500.000/orang/pulang pergi.
Anak (3-11 tahun): Rp 200.000/sekali jalan & Rp 300.000/anak/pulang pergi.
Bayi (0-2 thn): gratis/free
Jadwal keberangkatan fast boat/kapal cepat Rocky Fast Cruise;

Dari Nusa Lembongan – Sanur : pkl 09.00, 11.00, 13.00, 16.30.
Dari Sanur – Lembongan : pkl 10.00, 12.00, 14.00, 17.30.
Owh ya, dari dermaga menuju naik ke kapal fast boatnya kita akan melewati pantainya loh, jadi kalau masih pakai jeans panjang seperti saya ( berhubung dari bandara ) siap-siap basah kena deburan ombak pantainya. Untuk koper jangan khawatir karena mereka yang mengangkut koper naik maupun saat turun dari perahunya.

PENGINAPAN

Dari ketiga pulau tersebut setelah banyak pertimbangan akhirnya dipilihlah PANDANA BOUTIQUE HOTEL NUSA LEMBONGAN. Salah satu pertimbangannya adalah harga yang masih terjangkau dan tempatnya yang kece banget buat foto-foto. Selain itu pemiliknya juga ramah banget dan kasih banyak info mengenai tempat wisata di sana. Komunikasi dengan bahasa inggris saat itu karena mereka asalnya dari New Zealand tapi sudah 22 tahun tinggal di Bali, sepertinya lumayan mengerti bahasa Indonesia. Untuk pemesanan tempat tinggal kita mencoba menggunakan AIR BNB atau bisa langsung ke website mereka

Di penginapan ini juga ada Pool yang keren banget. Letaknya sebelah atas penginapan, depan dari cafenya yang digunakan untuk breakfast maupun dinner. Dari kolam renang ini bisa melihat ke arah laut dan juga apabila cuaca cerah tidak berawan bisa terlihat Gunung Agung, Bali.

TRANSPORTASI selama di Pulau

Untuk transportasi saat itu kita menggunakan MOTOR. Untuk sewa motor kita minta tolong dicarikan dari Villa dengan biaya Rp 85.000/hari. Jalanan selama di tiga pulau tersebut cukup menantang tapi yang pasti tidak ketemu macet seperti di Jakarta. Untuk Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan apabila bisa mengendarai motor dengan baik cukup menggunakan motor untuk berkeliling karena pulaunya cukup kecil, hanya saja ada beberapa jalan yang kurang baik alias berlubang jadi harus berhati-hati.

Untuk Nusa Penida saat itu kita juga menggunakan MOTOR. Tetapi di pulau ini banyak yang menyediakan mobil plus supir juga. Apabila membawa keluarga 4-6 orang lebih baik menggunakan mobil untuk berkeliling pulau ini karena ternyata pulau ini cukup besar.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply