Syarat dan Biaya untuk Menjual Produk di Alf*mart / Indom*ret & Supermarket Lainnya

Sekarang ini semakin banyak barang-barang consumer goods yang ada di Indonesia untuk dipasarkan baik merupakan hasil produksi dari dalam negeri sendiri maupun hasil import dari negara lain. Salah satu cara yang terlihat cukup menggiurkan adalah dengan memasukkan produk ke minimart terbesar di indonesia seperti Alf*mart dan Ind*maret.

Kenapa saya sebutkan cukup menggiurkan? Karena bisa dibayangkan berapa banyak toko yang mereka miliki. Update yang terakhir saya ketahui untuk Ind*maret sendiri mempunyai sekitar 14.000 outlet tersebar di seluruh Indonesia dan Alf*mart sendiri menyusul kurang lebih di angka yang sama.

Coba bayangkan berapa laba yang Anda dapatkan untuk 1 barang apabila dikalikan dengan jumlah toko tersebut selama 1 bulan? Jika anda sebagai salah satu pemilik barang pasti pernah terlintas keinginan untuk memajang produk anda di jajaran display rak toko tersebut bukan?

SYARAT dan KETENTUAN untuk PRODUK dan PERUSAHAAN
Ketentuan yang harus di miliki suatu barang untuk di pasarkan di retail minimarket antara lain:

Harus Mempunyai kode barang PIRT ( Pangan Industri Rumah Tangga ) atau kode  MD ( Makanan Dalam ) atau ML ( Makanan Luar ) bagi produk import yang dikeluarkan oleh BPOM
Harus punya label halal
Harus punya barcode produk
Harus punya tanggal expired product untuk produk makanan
Untuk perusahannya sendiri harus sudah berbentuk PKP alias Perusahaan Kena Pajak dan mempunyai berkas-berkas lain yang lengkap seperti NPWP, SIUP, TDP dan lain sebagainya.

BIAYA YANG DI BUTUHKAN

Well.. Untuk biaya listing atau biaya pendaftaran biasanya relatif antara retail satu dengan lainnya dan berkisar di angka Rp 1.000.000,- sampai Rp 20.000.000,- per SKU/ peritem.

Hanya saja di luar itu masih banyak support lainnya seperti :

program promo ( disc 10% sampai Buy 1 Get 1 Free )
sewa tempat di chiller untuk minuman
biaya mailer atau katalog promosi
sampai kondisi trading term pertahun yang bisa mencapai 10%-15% di luar dari margin mereka ke customer.
HAL LAIN yang PENTING dan jadi BAHAN PERTIMBANGAN lainnya :

Ada review 3 bulan untuk produk baru atas performance jualan selama tiga bulan tersebut dan apabila produk tidak terjual dengan baik / tidak mencapai target yang di tetapkan maka mereka berhak secara sepihak untuk mendelete produk tersebut ( atau tidak jual lagi atau retur ) dan biaya yang sudah di sepakati di awal akan tetap di minta.
 Apabila sudah lewat dari 3 bulan jangan berbesar hati terlebih dahulu karena apabila ada produk competitor lain yang mau masuk dan performance produk Anda di posisi paling bawah dalam category makanan tersebut maka produk Anda bisa di nonaktifkan sepihak juga oleh mereka dan di berikan ke item lainnya yang mau masuk
Untuk pembayaran mereka menerapkan Term of payment antara 30 hari sampai 90 hari. Jadi harus benar-benar diperhatikan cash flow dan modal yang dikeluarkan jangan sampai bisnis lain Anda terganggu

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply